Pertolongan Pertama Akibat Cairan Serangga Tomcat

Di Surabaya saat ini sedang heboh dengan hewan Tomcat atau kumbang ruve. Tomcat atau kumbang ruve adalah jenis serangga yang menjadi preadator pada tanaman padi atau musuh alami dari wereng dan kepik. Serangga yang memiliki kemiripan dengan tawon ini, ukurannya tidak sampai 1 cm, warna kulitnya hitam dan ada corak warna orange.

Jika tanaman padi atau yang sejenis menghilang, maka serangga itu pun menyerbu rumah penduduk. Terutama di malam hari. Karena serangga sebangsa semut bersayap atau upas -kata orang desa, sangat menyukai cahaya.
Jadi, kalau habis panen padi, atau tanaman padi dan yang inangnya sama sudah tidak ada, serangga itu akan berlarian ke rumah penduduk. Terutama di atas maghrib, karena cahaya matahari tidak ada, maka mereka mendekati cahaya lampu. Serangga yang juga biasa disebut semut semai, semut kayap atau Charlie ini memang mengeluarkan toxin yang menyebabkan gejala gatal. Bahkan kalau gatal itu digaruk bisa terjadi luka sejenis herpes.

Pertolongan pertama bila terjadi kontak dengan serangga tomcat:
1.Bila bersentuhan dengan serangga ini,cuci bagian tubuh yang terkena dengan sabun dan air
2.Jika terjadi ruam lebih lanjut hendaklah mendapat perawatan medis. source

One thought on “Pertolongan Pertama Akibat Cairan Serangga Tomcat

  1. kasih alkohol aja bisa sembuh asal cairannya gak sampe nempel dikulitr yang lain. kl nempel bersihkan pake alkohol juga

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *