Tanda-Tanda Terkena Serangga Tomcat

Bagaimana ciri-ciri atau tanda-tanda seseorang terkena cairan serangga tomcat? Adapun gejalanya memiliki perbedaan dibandingkan serangan serangga lain.
Gejala terserang serangga tomcat adalah gatal-gatal, terasa panas, dan langsung memerah jika digaruk. Hasilnya membuat kulit mengalami iritasi dan melepuh seperti terkena penyakit herpes. Patut dicurigai terserang serangga tomcat jika terasa digigit serangga, gatal, lalu digaruk terasa panas dan memerah. Kalau serangga biasa, digigit berasa gatal, gatalnya segera hilang. Kalau terkena serangga tomcat justru panas dan memerah.
Ir Alexandre S Siahaya MT, Kepala Bidang Pertanian dan Kehutanan Dinas pertanian Kota Surabaya menyatakan bahwa serangan serangga tomcat ini tak menyebabkan kematian. Dua hingga tiga hari jika diobati akan sembuh.

Aslinya, tomcat hidup di lahan pertanian seperti ladang padi dan jagung. Keseimbangan alam yang disebut-sebut cuaca ekstrem membuat serangga ini kehilangan habitatnya. Oleh karenanya, serangga yang memiliki siklus hidup selama 91 hingga 103 hari ini mencari tempat baru untuk bertahan hidup. Tomcat mencari tempat-tempat yang lembap dan terang menyerupai habitat aslinya.

Serangga Tomcat tidak bersifat agresif terhadap manusia. Serangan serangga tsb kpd manusia pun pd dasarnya tidak berbahaya, dan yang perlu diketahui bahwa Tomcat tidak menyengat, luka atau iritasi yang timbul adalah karena terkena cairan tubuhnya. Serangga ini berkembang di tanah dan menyukai tempat yang lembab, dan wilayah persawahan adalah habitat favorit karena lembab dan menyediakan bahan makanan beberapa wereng coklat. Saat akhir musim hujan atau musim panen, tomcat sudah dalam tahap dewasa atau imago, sehingga sudah dapat terbang mencari makan. Serangga tomcat tertarik oleh cahaya lampu dari rumah atau apartemen yang terang. Serangga Tomcat tidak menggigit atau menyengat, melainkan ketika terganggu serangga tomcat ini mengeluarkan cairan racun bernama paederin.
Cairan ini yg menyebabkan kulit melepuh dan gatal. Cairan ini juga bisa keluar jika serangga ini dipencet, jadi hindari membunuh serangga ini dengan tangan anda secara langsung. Bila terkena carian tersebut lakukan pertolongan pertama. Untuk menghindari kedatangan Tomcat sebaiknya mengurangi pencahayaan di rumah anda pada malam hari.

sumber

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *