Waktu yang Tepat untuk Ganti Peralatan Harian

Tidak hanya kendaraan yang ada masanya ganti oli atau ganti filter atau ganti yang lain bahkan hanya perlu di bersihkan. Peralatan di rumah juga ada masanya untuk di ganti atau di bersihkan meskipun peralatan di rumah tampak bersih. Ada banyak bakteri jahat yang perlu dihindari yang datangnya dari peralatan sehari-hari yang biasanya kita gunakan.

Informasi dari TheSun ,beberapa waktu lalu ada penelitian yang menunjukkan kalau orang Inggris malas mengganti seprai. Para peneliti berpendapat kalau sprei yang lama tidak diganti, bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti asma dan penyakit kulit.

Seorang ahli bakteria dari Inggris,Matthew Barbour, ingin memberi tahu kita agar kita peduli untuk mengetahui kapan Anda harus mengganti peralatan mandi agar terhindar dari bakteri.

Inilah beberapa peralatan yang sering di gunakan di rumah dan yang sering tidak di hiraukan

1. Selimut

Cuci selimut setiap enam bulan. Sebuah studi dari University of Worcester mengungkapkan kalau beberapa debu tungau bisa berkembang di dalam selimut. Ditambah sisik kulit manusia, serbuk sari dan noda termasuk cairan tubuh, semua ini mengandung bakteri dan spora jamur.

Bakteri ini yang menyebabkan gejala asma dan rhinitis. Pastikan Anda membeli selimut dengan kualitas yang baik agar mudah dicuci.

2. Bantal

Cuci setiap tiga bulan atau ganti setiap enam sampai 12 bulan. Setelah enam bulan, 10% dari bantal Anda terdiri dari debu tungau dan keringat.

Sebuah penelitian di Rumah Sakit St George, London barat, menunjukkan kalau bantal yang diisi dengan bahan sintetis cenderung memiliki banyak tungau dibandingkan dengan bahan katun. Pastikan Anda membeli bantal yang dapat dicuci pada suhu 60� C berulang-ulang.

3. Handuk

Mencuci handuk disarankan setiap seminggu sekali. Handuk yang jarang dicuci, dapat mengakibatkan masalah pada kulit karena bakteri cepat menyebar di handuk.

“Lebih dari separuh bakteri staphylococcus menempel pada kulit kita,”kata Profesor Sally Bloomfield.

4. Kasur

Kasur semestinya diganti atau dicuci setiap 8 hingga 10 tahun. Penelitian menunjukkan kalau kasur mengalami kelembapan pada periode tersebut.

“Kasur rata-rata memiliki debu tungau lebih dari 10.000 dan ketika digunakan, debu tungau bertambah menjadi dua juta,”Jelas peneliti.

5. Pencukur janggut atau kumis

Alat pencukur janggut atau kumis harus diganti setelah 3 hari.

“Gesekan antara kulit dan silet dapat menyebabkan ruam cukur,” kata Harley Street dermatolog Dr Christopher Rowland Payne.

Alat cukur juga bisa menyumbat pori yang menyebabkan kulit mati akibat goresan dan iritasi.

6. Sikat gigi

Sikat gigi maksimal 3 bulan harus diganti. Penelitian menunjukkan kalau sikat gigi yang telah digunakan selama lebih dari tiga atau empat bulan kurang efektif untuk menghilangkan plak.

Sikat gigi terbukti memiliki 10 juta bakteri, termasuk E.coli, kandida dan streptokokus.

Bakteri ini bisa menyebabkan kita terserang penyakit seperti Hepatitis B dan C.

7. Sisir

Sisir harus dicuci seminggu sekali dengan sabun dan air hangat. Ganti setiap enam bulan ketika bulu-bulunya rusak.

Menurut Food And Drink Federation, folikel rambut setiap 1mm bisa memiliki 50.000 kuman. Studi lainnya menemukan kalau sisir mengandung banyak kuman dibanding wastafel dan toilet.

8. Sendok kayu atau sumpit kayu

Jika Anda senang menggunakan sendok kayu, Anda harus menggantinya setelah 5 tahun.

Sendok kayu akan berubah warna menjadi lebih gelap. Jika warna sendok berubah, hal ini menandakan kalau kayu membusuk dan mengandung bakteri.

“Kayu lebih berpori dari plastik atau logam, sehingga lebih rentan terhadap kuman atau bakteri,” menurut John Oxford, Profesor Virology pada Barts dan London Hospital.

Mulai hari ini, mulai lah bersih – bersih dan lebih peduli dengan peralatan sehari-hari yang kita gunakan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *