Apakah Aman Belanja di Aliexpress?

Apakah Aman Belanja di Aliexpress?

Banyak Email , WA, BBM , SMS bahkan Telepon yang masuk untuk menanyakan Apakah aman belanja di Aliexpress? Saya menjawab nya “Aman”. Saya sendiri pernah melakukan beberapa kali transaksi (pembelanjaan online) untuk keperluan pribadi dan sudah ratusan nomor order untuk pembelanjaan klien (pelanggan ) saya.

Perlu di ketahui bahwa Aliexpress adalah satu induk dengan Alibaba yang berlokasi di China. Alibaba sendiri di khususkan untuk pembelanjaan dengan jumlah besar, biasanya untuk trading / grosir. Sedangkan aliexpress adalah sebuah marketplace untuk para penjual. Bayangkan Aliexpress ini seperti pasar tradisional dimana untuk produk yang sama bisa di jual oleh para pedagang, bahkan harga juga bisa berbeda maupun sama. Nah, di Aliexpress, setiap penjual memiliki nilai atau portfolio dari toko nya. Semakin tinggi nilai nya semakin terpercaya.

OK, kita kembali ke topic selanjut nya ^.^

 

Bagaimana prosedur pembelian barang di aliexpress sampai di tangan pembeli?

Metode pembayaran utama dari Aliexpress adalah menggunakan kartu kredit visa atau mastercard melalui sistem escrow yang di kembangkan oleh Aliexpress. Pembayaran ke Aliexpress ini seperti Rekber atau Rekening Bersama yang kini marak di gunakan di Indonesia. Jadi mudah nya adalah pembayaran dari pembeli akan di tampung oleh Aliexpress terlebih dahulu kemudian akan di teruskan ke penjual apabila pembeli telah melakukan konfirmasi penerimaan barang. Saat ini , Aliexpress menerima pembayaran melalui WU (western union), DOKU, dan transfer bank. Tapi saya sendiri lebih nyaman menggunakan kartu kredit, karena yang jadi masalah adalah ketika terjadi pengembalian dana (refund). Nanti di akhir akan saya jelaskan. 😀

Saya akan jelaskan sedikit lebih detail mengenai alur pembelian di Aliexpress.

Setelah memilih barang yang Anda inginkan, lakukan pembayaran. Pembayaran Anda akan di verifikasi kurang lebih dalam waktu 24 jam. Kemudian komitmen jangka waktu dari penjual untuk melakukan pengiriman barang. Jika dalam jangka waktu tertentu tidak di kirim , maka order akan di batalkan secara sistem dan anda akan mendapatkan pegembalian dana (refund). Jika sudah di kirim, maka penjual akan memberikan nomor tracking pengiriman dan masa garansi perlindungan pembeli. Jangka waktu perlindungan pembeli ini bergantung dari kurir yang di pilih. Misal bila memilih China Post Air Mail, masa perlindungan nya bisa sampai 60 hari. Bila barang sudah di terima lakukan konfirmasi penerimaan barang. Setelah melakukan konfirmasi, Aliexpress baru memproses pengiriman dana ke penjual. Apabila kita tidak melakukan konfirmasi penerimaan sehingga masa perlindungan pembeli habis, maka secara otomatis di anggap telah menerima nya.

 

Bagaimana dengan cara pengirimannya ?

Cara pengiriman yang dilakukan seller di aliexpress ada beberapa jenis, mulai dari China Post, Hongkong Pos, Singapore Post, EMS, Fedex, DHL, dll. Semua sistem pengiriman ada disini. Yang pasti, semua paket yang dikirim seller Aliexpress selalu menggunakan Tracking Number, jadi kita bisa melacak keberadaan barang dalam perjalanan.

 

Nah Apa yang harus di lakukan jika barang belum di terima ataupun barang tidak sesuai dengan deskripsi ?

Di Aliexpress terdapat fasilitas untuk komplain / sangahan transaksi atas order barang yang telah kita lakukan dengan menekan tombol ajukan klaim. Jika penjual menyetujui klaim Anda, proses pengembalian dana akan di proses setelah terjadi kesepakatan bila ingin pengembalian dana. Seperti yang saya sampaikan tadi di atas, saya tidak tahu prosedur pegembalian dana apabila Anda membayar melalui WU, DOKU, transfer bank.

Yang saya ketahui adalah jika membayara menggunakan kartu kredit

  1. Pembayaran atas order yang Anda lakukan segera diverifikasi
  2. Jika terjadi pegembalian dana, Aliexpress memproses pegembalian dana (refund), di butuhkan waktu 7 – 14 hari sejak Aliexpress memproses nya untuk di kembalikan ke kartu kredit

Bagaimana bila menggunakan pembayaran DOKU, WU, bank transfer?

  • Anda harus membayar sesuai hasil konversi ke mata uang rupiah, tidak boleh lebih atau kurang
  • Anda harus segera melakukan pembayaran dengan batas waktu yang di tentukan, jika melewati dianggap batal. Yang menjadi masalah adalah ketika batas waktu menjelang berakhir dan anda baru membayar, bisa terjadi adalah anda dianggap tidak melakukan pembayaran padahal anda sudah transfer. Karena ini pernah terjadi, beberapa orang menghubungi saya untuk masalah tersebut. Dan mereka kesulitan untuk proses pengembalian dana.
  • Untuk pengembalian dana akibat pengajuan klaim atau barang tidak di kirim, saya tidak tau cara konfirmasi nya karena saya tidak pernah menggunakan cara ini.

Jika anda masih bingung berbelanja di aliexpress, atau ingin berbelanja di aliexpress dengan aman, nyaman, tanpa repot ? silahkan hubungi kami. Kami menyediakan jasa order pembelian barang di aliexpress dengan aman dan nyaman dan mudah.

138 Comments

  1. unang rohidin says:

    gan mau tanya boleh ya?? sya order barang di alixpress tgl 14 pebruari 2019. sampai sekarang tgl 18 pebruari 2019. tapi belum dapet nomer treking. saya chat ke seler nya. katanya 3 hari pengiriman. 3 days send, berarti itu belum di kirim sama seller nya ya? apa gmna? terima kasihh

    1. LovingIndonesia says:

      kalau belum di kirim ya belum dapat nomor tracking

  2. Kak mau tanya tentang alamat pengiriman.. Kenapa provinsi KALIMANTAN SELATAN tidak ada ya kak
    Tolong bantuanya kak untuk mengisi alamatny

    1. LovingIndonesia says:

      masukin aja others

  3. Tips tambahan… hindari memesan barang di minggu pertama sampai 26 Februari. Karena disana libur Imlek.
    Pesanan Anda tetap diproses, cuma pengemasan dan pengiriman dilakukan setelah itu.

  4. bos.. ijin save contact personnya ya..
    trims sblmnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.