Web Hosting

Memilih web hosting yang bagus, stabil dan reliable adalah SANGAT  PENTING! Ini adalah hal PALING VITAL dalam bisnis internet Anda. Website yang down, tidak saja membuat kehilangan customer dan prospek, tetapi juga merusak reputasi Anda.

Pindah web hosting bukan hal sepele. Selain memerlukan keahlian teknis, juga akan menghabiskan waktu dan energi. Website Anda juga akan down selama perpindahan web hosting, dan itu akan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit.

Kriteria dalam memilih perusahaan web hosting yang bagus:

  • Server Uptime > 99%. Bahwa web hosting yang dipilih harus sangat minimal downtime-nya, kurang dari 1%. Dalam sebulan 30 hari x 24 jam, hosting tidak boleh down lebih dari 7 jam. Yang di maksud dengan downtime adalah server mati / server tidak dapat di akses. Kebalikan dari downtime adalah uptime.
  • Memiliki reputasi dan track record bagus. Cari perusahaan yang sudah berpengalaman bertahun – tahun dan memiliki reputasi yang bagus dalam menghadapi permasalahan yang ada.
  • Technical Support yang handal dan mudah dihubungi. Website Anda suatu saat pasti pernah mengalami masalah, jika itu terjadi, apakah technical supportnya mudah dihubungi? Apakah tim supportnya memiliki kapasitas pengetahuan dan kemampuan untuk mengatasi permasalahan kita?
  • Fasilitas Hosting yang lengkap. Berapa besar space yang disediakan, berapa besar bandwidth, script apa saja yang digunakan dan lain-lain
  • Harga yang terjangkau dan memberikan best value. Saran kami jangan pernah memilih hosting karena alasan karena ‘paling murah’. Anda suatu saat akan sadar, harga yang Anda pikir ‘paling murah’ itu akan bisa mengakibatkan kerugian besar karena server down berhari-hari (malah salah satu teman saya barusan cerita tentang web hosting yang dia gunakan down 3 minggu lebih tanpa kabar berita), email yang hilang, file-file penting yang tidak ada backup hilang dan lain sebagainya.

Perusahaan yang banyak di gunakan oleh para webmaster maupun para marketer dunia dan juga mengacu pada 5 (lima) faktor di atas adalah:

  • BLUEHOST.Saat ini biaya share hosting BlueHost adalah $6.95 / bulan  untuk pembayaran langsung di awal selama 12 bulan. Bila Anda mantap dengan bisnis internet dan memiliki dana / budget lebih, Anda bisa langsung membayar dengan memilih waktu selama 36 bulan , tentunya harga sewa per bulan jauh lebih rendah yaitu $4.95 / bulan.1 (satu) account bluehost bisa untuk domain dan website tak terbatas (Anda bisa memiliki domain / website lebih dari satu). Misalkan Anda memilih untuk pembayaran 12 bulan, maka Anda harus membayar  $6.95 x 12  = $ 83.4 per tahun. Dan misalkan juga Anda memiliki 10 website , maka biaya hosting untuk tiap website hanya $8.34 per tahun. Atau Rp 82.774,-  per tahun (kurs $1 = Rp 9.925,-)
  • HOSTGATORSaat ini biaya share hosting Hostgator adalah $9.95 / bulan (Baby Plan). Bila Anda mantap dengan bisnis internet dan memiliki dana / budget lebih, Anda bisa langsung membayar dengan memilih waktu selama 36 bulan , tentunya harga sewa per bulan sedikit lebih rendah yaitu $7.95 / bulan. Tapi kami sarankan bila langsung memilih 36 bulan lebih baik menggunakan BLUEHOST1 (satu) account Hostgator bisa untuk domain dan website tak terbatas (Anda bisa memiliki domain / website lebih dari satu dengan memilih Baby Plan). Hostgator juga menyediakan kupon diskon untuk pembayaran pertama. Gunakan kupon hostgator INDOSPECIALPAY untuk mendapatkan potongan 25% OFF atau menggunakan kupon hostgator INDOFREEPAY untuk gratis di bulan pertama / potongan $9.95

Kami menyarankan Anda menggunakan Hostgator jika budget Anda hanya memungkinkan untuk membayar web hosting secara bulanan, karena  Bluehost minimal membayar langsung 1 tahun.

Apabila Anda memiliki budget lebih kami menyarankan untuk menggunakan BlueHost

Semua pilihan ada di tangan Anda, pilih Hostgator atau BlueHost ? 🙂  keduanya sama-sama bagus.

Berikut tutorial cara daftar hosting di hostgator.

 

*harga / biaya tersebut pada saat artikel ini di buat

6 thoughts on “Web Hosting

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *